Sejarah

Himpunan Mahasiswa Energi atau yang bisa dikenal dengan Hima Energi merupakan sebuah wadah organisasi mahasiswa Sistem Pembangkitan Energi (SPE) di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Sejarah bermula pada tahun 2011,  ketika ranah kemahasiswaan program studi*  sistem Pembangkitan Energi (SPE) tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Elektro Industri (Hima Elin). Sehingga angkatan pertama SPE tahun 2011 juga ikut melaksanakan pengkaderan bersama Hima Elin.

Memasuki tahun berikutnya, terdapat penataan ulang departemen di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Terkait penataan tersebut, SPE masuk dalam Departemen Teknik Mekanika dan Energi. Pada angkatan kedua, mahasiswa SPE melakukan aktivitas kemahasiswaan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Mekatronika (Hima Meka). Termasuk di dalamnya ranah pengkaderan secara bersama.

Sempat berjalan bersama, namun dirasa adanya budaya masing-masing progam studi yang berbeda dan terdapat beberapa hal yang kurang bisa diterima antara kedua belah pihak, seperti arah pengembangan sumberdaya mahasiswa yang berbeda, budaya yang berbeda, dan nama himpunan penaung yang hanya mengacu pada salah satu program studi (bukan departemen), sehingga program studi SPE yang baru belum bisa dikenal nantinya. Maka SPE mendirikan Badan Semi Otonom Sistem Pembangkitan Energi (BSO SPE) di bawah Hima Meka. Proses pendirian ini juga di mediasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (BEM PENS) yang menghasilkan kesepakatan antara kedua belah pihak dan dituliskan dalam sebuah MoU. Dengan demikian, BSO SPE resmi berdiri dan memiliki ranah khusus, yakni daerah otonomi sendiri dalam Hima Meka.

Seiring berjalan waktu, BSO SPE berjalan secara mandiri dari segi apapun. Gagasan akan pendirian sebuah himpunan yang sebenarnya sudah ada sejak awal, kembali digalakkan. Secara bertahap, tepat, dan cepat, mahasiswa SPE bergerak mendirikan sebuah himpunan dengan terbentuknya Panitia Persiapan Pendirian Himpunan (P3H). Dengan menampung aspirasi mahasiswa SPE, P3H bertugas menyiapkan atribut atau perlengkapan himpunan, seperti AD/ART, Lambang, GBHK, dan lain sebgainya.

5 Agustus 2014, perwakilan mahasiswa SPE mempresentasikan maksud pendirian himpunan kepada manajamen PENS. Pada hari itu juga, Hima Energi dinyatakan sudah dapat berdri. Namun, dengan catatan dapat deklarasi setalah memiliki SK dari manajemen PENS terlebih dahulu. Menanggapi keputusan positif dari manajamen PENS, mahasiswa SPE kembali bergerak cepat dalam menyongsong deklarasi Himpunan Mahasiswa Energi. Atribut dan perlengkapan himpunan kembali digodok. Melalui mekanisme persidangan dengan nama Sidang Musyawarah Perlengkapan Himpunan Mahasiswa Energi, atribut atau perlengkapan yang sudah berulah kali dibahas tersebut akhirnya dapat disahkan. Menyusul kemudian SK dari Manajamen PENS yang turun pada tanggal 29 Desember 2014.

Senin, 12 Januari 2015 menjadi malam yang tak terlupakan. Pada malam itu, secara resmi Himpunan Mahasiswa Energi mendeklarasikan diri sebagai himpunan ke tujuh yang ada di kampus PENS. Semoga Hima Energi dapat mewarnai pergerakan organisasi mahasiswa yang ada di PENS dengan semangat dan kegiatan yang positif untuk almamater dan bangsa dari tahun ketahun.


*sebelum penataan ulang departemen masih disebut jurusan

0 komentar :