Training : Pelatihan PLC Siemens

Programmable Logic Controller atau yang dikenal dengan istilah PLC merupakan sebuah "komputer khusus" untuk aplikasi dunia industri. 
Menurut National Electrical Manufacturing Assosiation (NEMA), PLC didefinisikan sebagasi suatu perangkat elektronik digital dengan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi yang menjalankan fungsi-fungsi spesifik seperti : logika, sekuen, timing, counting, dan aritmatika untuk mengontrol suatu mesin industri atau proses industri sesuai dengan yang diinginkan. PLC mampu mengerjakan suatu proses terus menerus sesuai variabel masukan dan memberikan keputusan sesuai keinginan pemrograman sehingga nilai keluaran tetap terkontrol. 

Secara umum, PLC berfungsi untuk : 
Sekuensial Control. PLC memproses input sinyal biner menjadi output yang digunakan untuk keperluan pemrosesan teknik secara berurutan (sekuensial), disini PLC menjaga agar semua step atau langkah dalam proses sekuensial berlangsung dalam urutan yang tepat.  
Monitoring Plant. PLC secara terus menerus memonitor status suatu sistem (misalnya temperatur, tekanan, tingkat ketinggian) dan mengambil tindakan yang diperlukan sehubungan dengan proses yang dikontrol (misalnya nilai sudah melebihi batas) atau menampilkan pesan tersebut pada operator.
Penerapannya dalam dunia pembangkitan biasanya terletak pada temperatur buang dan kecepatan turbin, mengatur bukaan katup yang mengalirkan bahan bakar berdasarkan informasi temperatur buang dan kecepatan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, pelatihan PLC ini juga bermanfaat bagi prodi Sistem Pembangkitan Energi.

Sehubungan dengan hal itu, EIC mengadakan pelatihan PLC Siemens. Berikut info lebih lanjut.


Fasilitas yang didapat :
PLC S7 300
HMI Touch Screen Device
Penggunaan Trainer Festo Pneumatic
Modul Pelatihan (PDF)
Sertifakat

Pelatihan diadakan pada :
Gelombang I : 5 Oktober - 10 Oktober 2014
Gelombang II : 12 Oktober - 17 Oktober 2014
Gelombang III : 19 Oktober - 24 Oktober 2014
Gelombang IV : 26 Oktober - 31 Oktober 2014
Ditambahkan gelombang tiap minggu s/d tanggal 30 November 2014 dengan melihat jumlah peserta 

Pendaftaran :
Dibuka mulai tanggal 21 Septemberi 2014 - 14 November 2014, di EIC lantai 1 dengan menemui pihak dari EIC, Marta (0856 488 433 95) atau Eko Budi (0857 333 116 02).

Catatan :
Info dalam bentuk Print Out dapat dilihat di mading EIC lantai 1.
Pendaftaran dapat dibantu lebih lanjut oleh Departemen Riset dan Teknologi

0 komentar :