KKAI 2014

Menjelang hari-H Kontes Kincir Angin Indonesia (KKAI) berbagai persiapan telah dilakukan oleh Tim KKAI PENS. Mulai dari awal proses perancangan, pembuatan dan perakitan sampai running test telah dilakoni. Ajang yang sengaja diselenggarakan oleh Dikti tiap tahunnya ini, sekarang sudah menginjak tahun ketiga. Untuk tahun ini, Acara dihelat pada tanggal 15-19 September 2014 di pantai Pandansimo, Bantul, Yogyakarta dan yang menjadi tuan rumah adalah Universitas Sanata Dharma. Sebenarnya acara ini diadakan sekitar bulan Oktober – Nopember setiap tahunnya. Tapi karena diperkirakan pada bulan tersebut terdapat angin yang beda dari tahun – tahun sebelumnya, acara KKAI ini dimajukan sampai bulan September.

Secara garis besar, acara ini bertujuan untuk riset windfarm di sekitar lokasi dan sebagai pencanangan renewable energy dibidang turbin angin. Disana peserta lomba dari seluruh wilayah Indonesia diadu kemahirannya dalam mengkonversikan energi yang ada pada angin menjadi energi listrik. Dari kesepian Tim KKAI PENS sendiri masih menemui beberapa kendala. “Masih ada kendala, soalnya kita belum menyesuaikan dengan yang ada di lapangan. Kita sudah melakukukan uji coba selama tiga kali, dan alhamdulillah pada uji coba yang terakhir ini berhasil dan muter,” ungkap salah satu anggota Tim KKAI PENS.

Untuk tahun ini terdapat perbedaan konsep formasi tim dengan yang tahun. Yang pada tahun lalu hanya mahasiswa SPE saja yang boleh jadi anggota tim, sekarang dari seluruh prodi boleh mengikuti seleksi. Dan akhirnya ada dua orang mahasiswa yang selain prodi SPE. “Tahun ini tidak hanya SPE saja, tapi ada dua dari luar SPE yaitu, dari Elektro Industri dan Mekatronika,” ujar Abidin selaku support team.

Minggu malam (14/09/2014) pukul 21.00 WIB Tim KKAI PENS berangkat menuju lokasi dengan kondisi belum full team. Mereka berangkat disertai dua orang dosen SPE naik mobil dari salah seorang anggota tim. Selebihnya, akan berangkat esok harinya dengan didampingi dua orang dosen lagi.

Dengan kondisi seperti ini mereka tetap yakin kalau pada ajang ini akan pulang membawa juara. “Siap dan yakin menang, karena untuk persiapan tahun ini lebih dimatangkan,” imbuhnya Tim KKAI PENS. (rat)

0 komentar :