Soft Launching Gedung Pasca Sarjana Terapan

Setelah kurang lebih dua tahun dalam proses pembangunan, akhirnya Minggu, (05/10/2014) Gedung Pasca Sarjana Terapan PENS diresmikan. Acara soft lunching ini dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ir. M Nuh, DEA, Prof. Inuoe dari JICA Expert, mantan Direktur PENS Dr. Ir. Titon Dutono, M.Eng, Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D. Karena gedung ini masih under construction maka dari itu masih diperlukan safety induction.
 
Acara ini diselenggarakan di Auditorium Gedung Pasca Sarjana Terapan lantai 6. Penampilan dari UKM Banjari dan Tari Remong sebagai pembuka acara ini. Dilanjutkan dengan pemaparan proses pembangunan gedung ini dari awal hingga akhir oleh Dr. Zainal Arief, ST., MT. selaku Direktur PENS. Kemudian disambung dengan disahkannya gedung S2 Terapan ini ditandai bunyi sirine dan penaandatanganan prasasti “Auditorium PENS” oleh Mendikbud. Pembangunan gedung ini menghabiskan dana sebesar 160 milyar rupiah.
 
Pada hari itu juga terdapat agenda lain yang diselenggarakan oleh PENS yaitu demo peluncuran mobil hemat energi. Hasil kerjasama PENS dengan PT. Grain Electric Vihicle Energy. Tim riset Green Energy Transportation and Aplication (GET-A) yang dikomandoi oleh dosen PENS yaitu bapak Era Prawira mendapat pendanaan dari DP2M Ditjen Kemendikbud penelitian unggulan perguruan tinggi 2014 dan juga Kemenristek 2014.
 
Mobil ini mampu menampung 4 orang penumpang. Terdapat 2 pintu, memiliki panjang 3010 mm, lebar 1605 mm dan tinggi 1600 mm. Menggunakan sumber tenaga berupa lead acid battery yang mampu bertahan dalam 500 siklus atau 500 kali pemakaian dan dapat kembali di charger dengan jangkauan waktu 6 sampai 8 jam.
 
“Selain momen peresmian gedung baru, hari ini juga menjadi momen untuk penandatanganan kontrak kerjasama PENS dengan PT. Grain dalam pengembangan mobil listrik sebagi alternatif alat transportasi yang mengusung konsep eco green,” ujar Zainal Arief waktu di wawancarai oleh ENTcrews.
 
Mobil ini mampu menempuh jarak maksimal 180 km sekali pengunaan, dan kecepatan 55 km/jam. Mobil bertenaga 4,2 kw ini juga dilengkapi automatic transmission (persneling otomatis). (rat&ENTcrews)

0 komentar :